April 02, 2024

Penyebab Sakit Gigi dan Kondisi yang Mungkin Memicunya

Sakit gigi adalah kondisi ketiga gigi mengalami rasa sakit atau nyeri, dengan tingkatan keparahan yang bervariasi. Pada kebanyakan kasus, ini adalah akibat dari berbagai masalah pada gusi ataupun gigi.

Selain itu, kondisi ini juga bisa jadi tanda adanya penyakit di bagian tubuh lain. Misalnya masalah pada sendi rahang, sakit telinga, sinus, atau penyakit jantung.

Umumnya, sakit gigi merupakan gejala akibat penyakit pada gigi atau gusi. Namun, pada kasus tertentu, sakit gigi juga bisa menjadi tanda adanya penyakit di bagian tubuh lain yang nyerinya menjalar sampai ke sekitar gigi, misalnya gangguan pada sendi rahang, sakit telinga, sinus, atau penyakit jantung.

Source : www.freepik.com 

Meski umumnya tidak mengancam nyawa, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar sakit gigi segera ditangani dengan tepat. Hal ini karena sakit gigi bisa saja disebabkan oleh penyakit yang berbahaya, seperti pembusukan gigi atau serangan jantung.

Penyebab sakit gigi yang utama adalah kerusakan pada gigi. Bakteri yang hidup di mulut dapat bertumbuh dengan baik akibat gula atau sari dalam makanan yang kamu konsumsi.

Bakteri ini kemudian membentuk plak lengket yang menempel pada permukaan gigi. Asam yang terbentuk dari bakteri dalam plak dapat mengikis lapisan putih keras di bagian luar gigi (enamel) dan menciptakan rongga.

Beberapa penyebab umum sakit gigi meliputi:

* Karies Gigi
Ini adalah penyebab paling umum sakit gigi. Karies terjadi ketika lapisan luar gigi (email) rusak akibat bakteri yang menghasilkan asam yang merusak gigi.

* Gigi Sensitif
Gigi yang sensitif dapat membuat Anda merasakan rasa sakit atau ketidaknyamanan saat terpapar pada makanan panas, dingin, manis, atau asam. Sensitivitas bisa disebabkan oleh email gigi yang terkikis, gigi retak, atau masalah lainnya.

* Infeksi Gigi atau Abses
Infeksi gigi dapat menyebabkan sakit gigi yang parah. Infeksi ini bisa muncul di dalam pulpa (jaringan dalam gigi) dan mengakibatkan abses.


* Gusi yang Meradang (Gingivitis atau Periodontitis)
Peradangan gusi bisa menjadi penyebab sakit gigi. Gingivitis adalah tahap awal peradangan gusi, sedangkan periodontitis adalah tahap yang lebih serius yang bisa merusak jaringan penyangga gigi.

* Gigi Bungsu yang Tumbuh (Impaksi)
Gigi bungsu yang tumbuh mungkin tidak memiliki cukup ruang di rahang untuk tumbuh dengan baik, sehingga bisa menimbulkan rasa sakit.

* Gigi yang Retak atau Patah
Gigi yang mengalami keretakan atau patah bisa sangat sakit, terutama jika saraf gigi terkena.

* Mengunyah Makanan yang Keras
Terlalu sering mengunyah makanan yang keras atau menggigit benda-benda keras seperti pensil atau kuku dapat merusak gigi dan menyebabkan sakit.

* Tekanan Gigi (Bruxism)
Beberapa orang secara tidak sadar menggeretakkan gigi mereka saat tidur, yang dapat mengakibatkan sakit gigi dan abrasi gigi.

* Radang Sinus
Infeksi sinus atau peradangan sinus dapat memberikan sensasi sakit yang mirip dengan sakit gigi karena saraf sinus berdekatan dengan akar gigi atas.

* Gangguan Gigi lainnya
Beberapa kondisi medis seperti penyakit gusi, kanker mulut, atau gangguan temporomandibular joint (TMJ) juga dapat menyebabkan sakit gigi.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi jika Anda mengalami sakit gigi yang berkepanjangan atau berat. Dokter gigi dapat melakukan pemeriksaan untuk mengidentifikasi penyebab sakit gigi dan memberikan perawatan yang sesuai. Selain itu, menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta menjalani pemeriksaan gigi rutin, adalah langkah-langkah penting dalam mencegah sakit gigi.

Atau kamu bisa mengatasi dengan menggunakan Cooling5 Plus, yaitu Obat Sakit Gigi Terbaik berbentuk spray untuk rongga mulut yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit misalnya pada saat sakit gigi, radang gusi dan sakit saat pertumbuhan gigi. 

Cooling5 Plus ini merupakan anestesi lokal dengan kandungan Benzocaine 3 mg dan Phenol Crystal 5 mg yang ampuh mengatasi nyeri dengan cepat. Untuk penggunaannya, cukup semprotkan pada area sakit sebanyak 2-3 kali semprot, dan bila perlu dapat diulang tiap 3-4 jam. 

So, jika sakit pada gigi mu sudah terlalu parah, langsung kunjungi dokter gigi terdekat dan temukan Obat Sakit Gigi Terbaik secepatnya.

No comments: