April 09, 2022

Bikin Suasana Baru di Balkon Rumah dengan Nippon Paint

hola guys! balik lagi ke blog aku..
siapa nih disini yang suka gonta ganti suasana dirumah?? baik dari furniture-nya, tata letak, sampai warna temboknya..
kalo aku jujur untuk perkara gonta ganti suasana tersebut emang jarang bangetttt..
tapi belakangan lagi tertarik banget sama yang namanya nata-nata rumah hihi
aku mulai beli barang-barang yang ala-ala aesthetic gitu biar rumah juga enak diliatnya dan ga monoton..
selain barang/furniture aku juga iseng nih mau ganti suasana balkon rumah dengan ganti warna cat-nya..
awalnya ragu sih, tapi ga ada salahnya juga kan yak untuk coba hal baru? hehe
siapa tau dengan hal baru yang kita lakuin itu ngasih banyak vibes atau aura positif buat kita sendiri hihi
berhubung rumah aku emang isinya tuh serba serbi warna hijau, karna dari furniture, lantai, warna cat tembok itu rata-rata hijau soalnya emang aku suka banget sama warna ini jadi aku pun pilih cat-nya juga warna hijau..
macem-macem warna hijau udah ada dirumah, karna emang dari lantai, furniture, cat tembok beberapa kamar dan ruangan itu hijaunya gak kontras wkwk
aku jadi agak bingung juga sama konsep hijau rumah sendiri HAHA
karna di awal bangun rumah ini aku cuma pesen sama mama papa kalo aku mau rumahnya serba hijau..
terus ternyata diturutin dan hampir seluruh rumah aku pun nuansanya hijau, cuma nih yak warna hijaunya tuh beda-beda :')
ga paham juga sama mama papa gimana milih warnanya, kenapa hijaunya ga senada gitu wkwk
jadi yaudah deh nih, warna cat di balkon aku mau kasih hijau juga dan hijaunya pun berbeda pula dengan yang udah ada biar rumah ini makin rame aneka hijau-hijauan WKWKWK
sebelum ngecat aku juga udah izin mama sih boleh apa engga warnanya begini, aku sempet kasih tau dulu warna hijaunya dan kata mama terserah jadi yaudah GASKEUN langsung nyari catnya di toko terdekat WKWK
nah untuk cat yang aku pake ini dari merek Nippon Paint, karna kalo dari dunia per-cat-an emang merek satu ini udah ga diraguin sih kualitasnya..
kek rasanya dimana-mana tuh orang pakenya Nippon Paint, soalnya emang Nippon Paint sendiri juga udah tersedia di lebih dari 6000 toko di seluruh Indonesia..
apalagi Nippon Paint juga kasih garansi produk dan warna 100% akurat & konsisten..
berhubung yang akan aku cat ini adalah area balkon rumah yang dimana adalah exterior jadi aku pilih catnya itu khusus yang bagus sekalian untuk area luar ruangan..
soalnya nih varian cat dari Nippon Paint sendiri itu beragam banget, ada yang buat indoor, outdoor, besi, kayu sampai lantai pokonya macem-macem deh..
keren banget sih karna Nippon Paint bener-bener solusi total untuk segala macem pengecatan..
selain varian catnya yang banyak banget, warna dari cat Nippon Paint juga ga kalah banyak karna Nippon Paint punya 10ribu pilihan warna loh!! wagelaseh banyak bangettttt..
aku belinya di toko peralatan bangunan "Renotop Meruya" deket rumah karna kebetulan disini juga ada berbagai pilihan cat dari Nippon Paint.. 
nah sebelum mutusin buat beli aku pun juga sempet pilih-pilih dan konsultasiin dulu sama team Nippon Paint biar tau dan pas sama cat yang bakal dibeli nantinya..
 
 
 
disini akhirnya aku putusin untuk beli yang varian Nippon Weatherbond Solareflect..
awalnya bingung sih mau pilih yang mana, tapi setelah tanya-tanya dan konsultasi sengaja aku pilih warna tropical yang agak ngejreng karna kebetulan buat diluar ruangan juga kan jadi biar kasih nuansa menyegarkan dan makin terang aja gitu suasananya HEHE
jadi aku putusin untuk pilih warna Hijau Bolu Pandan atau "Spring Vigor - NP BGG 1681D", warna ini itu kaya warna hijau daun muda gitu..
itung-itung renovasi menyambut bulan suci ramadan juga soalnya warna-warna khas ramadan kan hijau-hijau gimana gitu wkwk
warna ini kebetulan juga merupakan Tren Warna Ramadan (TWR) dari Nippon Paint, Tren Warna Ramadan ini adalah bentuk komitmen Nippon Paint untuk memberikan dampak positif yang berarti karna diharapkan dapat menjadi motivasi penggunanya untuk membuka lembaran baru untuk menjadi versi terbaik diri menyambut hari yang Fitri..
duh sa ae lah Nippon Paint ini, tau aja aku lagi mau ganti suasana baru di balkon wkwk
pemilihan warna ini ternyata bisa ngasih efek pada sifat dan pikiran manusia serta dapat menciptakan aura/energi tertentu loh..
apalagi pandemi covid-19 bawa dampak yang luar biasa ke dalam segala aspek kehidupan sehari-hari, sejak pandemi ini fungsi rumah juga mengalami perubahan yang dimana bukan jadi tempat untuk beristirahat aja namun juga tempat yang aman untuk berlindung dan menjalankan hampir seluruh aktifitas..
jadi perlu banget nih milih warna yang ga cuma sebagai dekorasi aja tapi bisa bawa dampak psikologis suasana hati juga..

aku pilih yang Nippon Weatherbond Solareflect juga karna varian cat Nippon Paint yang satu ini tuh emang dikhususkan untuk exterior..
warna "Spring Viger" yang aku pilih ternyata itu bukan warna solid yang ready, jadi warnanya harus di proses tinting atau custom gitu..
 
 
 
jadi disini pun aku liat prosesnya secara langsung, prosesnya ga lama karna cuma makan waktu ga sampe 5 menit!! gelaseh cepet banget kannn!
 
 
 
proses tinting ini adalah proses pencampuran base color dengan warna rujukan yang nantinya akan menjadi warna pilihan kita dibantu dengan media komputer gitu..
 
 
 
setelah warnanya dicampur, lalu diaduk di mesin tinting-nya dan cuma sekitar 2 menitan udah selesai!
 
 
 
team Nippon Paint kasih tau juga kalo varian yang aku pilih ini emang varian yang paling bagus kualitasnya dan best seller dari Nippon Paint..
wahh ga salah pilih dong yak akutuh hihi
 
 
 
Nippon Weatherbond Solareflect ini adalah cat exterior premium yang memiliki sunblock technology sehingga dapat melindungi dari perubahan warna dengan colour protect serta tahan kelupas dan pengapuran plus tahan kotor dan lumut..
varian Weatherbond Solareflect ini juga dapat memantulkan panas dan menurunkan temperatur hingga 5°C serta memiliki daya tahan sampai 10 tahun..
aku pilih varian Nippon Weatherbond Solareflect ini juga karena cat ini berbahan dasar 100% akrilik yang tidak ditambah dengan timbal dan merkuri..
cat ini juga diformulasikan khusus untuk melindungi permukaan dinding luar dari cuaca ekstrim..
disini aku beli kemasan yang ukuran 1 liter, kebetulan juga kan ga butuh terlalu banyak jadi beli yang ukuran kecil aja..
 
 
 
sebelum pulang ga lupa buat bayar dulu dong pastinya wkwk
untuk pembelian Nippon Weatherbond Solareflect ini aku habis sekitar 210ribuan plus 1 buah kuas ukuran sedang..
by the way terima kasih untuk kaka-kaka team Nippon Paint di toko Renotop yang udah bantu aku pilih-pilih dan setia banget ngasih masukan pas aku konsultasi perkara ngecat ini wkwk
 
 
 
ini dia catnya, bener-bener ga sabar buat ngecatttt wkwk
karna kebetulan aku tuh dari kecil suka banget sama yang namanya menggambar dan mewarnai jadi kalo perkara ngecat begini paling excited pokonya WKWK

anyway sebenernya ini sempet tertunda beberapa hari setelah aku beli catnya karna cuaca lagi ga nentu banget, nyebelinnya tiap aku udah niat mau ngecat tuh hujan mulu huhu
jadi ga memungkinkan buat langsung ngecat, takutnya udah cape-cape ngecat eh ambyar cat-nya..
maklum lah karna aku ngecatnya tuh balkon (exterior) jadi ya harus sesuai cuaca juga..
 
 
 
jadi ini dia bagian balkon yang mau aku renov sedikit, warnanya putih agak compang camping wkwk
abaikan bambunya, gatau kenapa disangkutin kesitu sama mama aku..
tapi nanti pas ngecat aku bakal geser biar pas ngecat ga rempong..

ohiya kemarenan pas beli aku dikasih tau sama team Nippon-nya kalo cat Nippon Weatherbond Solareflect ini tuh ga perlu ditambah/campur minyak/tiner gitu yak..
jadi kalo misalnya catnya terlalu kental bisa ditambah air secukupnya aja..
 
 
 
jadi tibalah saatnya untuk ngecat, ini dia perlengkapan yang aku siapin sebelum ngecat..
ada cat pastinya, kuas, terus aku siapin air buat campurannya..
terus sebenernya ada lap buat bersihin sisa-sisa cat yang jatoh, cuma ga aku foto wkwk
 
 
 
by the way sebelum ngecat aku ngamplas sedikit biar catnya nanti nempel dengan sempurna dan ga ketebelan..
terus sekalian ngalusin cat yang udah ngelotok plus compang camping juga..
 
 
 
jadi ini dia detail warna "Spring Vigor - NP BGG 1681D" alias Hijau Bolu Pandan, hijaunya tropical banget ga tuh wkwk
bener-bener terang jadi nantinya bakal kasih kesan yang cheerfull nan segerrrrr..
selain nuansa tropical gini varian dari Nippon Weatherbond Solareflect juga punya warna-warna dengan tema Monochrome dan Warm..
 warna dengan tema Monochrome sendiri memberikan nuansa kesan yang bersih/clean, sederhana/simple, serta menciptakan ruangan terkesan lebih luas..
untuk warna Warm memberikan nuansa kehangatan yang teduh, selain itu juga memberikan kesan ruangan yang tenang, hangat dan nyaman..

 
 
let's start!! ceritanya ini kuasan pertama, alhamdulillah ini cuacanya terang soalnya sebelum aku ngecat ini kondisi cuaca sekitar rumah dari pagi tuh hujan deres bangetttt..
sebenernya aku ragu buat ngecat, tapi aku gaskeun aja pas hujan udah berhenti..
aku mulai ngecat ini jam setengah 3 sore dan rencananya mau langsung aku selesaiin biar langsung kelar gitu..
 
 
 
liat deh detail warnanya, seger banget kannn..
ini pas cat setengah kering tapi selama aku ngecat jujur cat Nippon Weatherbond Solareflect ini cepet banget loh keringnya..
normal-nya itu kan dalam waktu 30 menit kering sentuh dan 1 jam udah kering keras..
tapi belum ada 30 menit juga udah kering setuh loh, keren banget!!
 
 
 
ini untuk hasil cat lapisan yang pertama, masih belum keliatan rata dengan sempurna..
bekas amplas masih keliatan kasar, aku ngecatnya dari sisi kanan ke kiri..
jadi setelah selesai semua aku balik lagi ke sisi kanan untuk ngecat lagi lapisan yang kedua..
 
 
 
untuk lapisan yang kedua ini udah mulai merata apalagi bagian amplasan yang sebelumnya keliatan..
lanjut lagi ke lapisan terakhir yang ketiga, tenang aja disini aku ga asal lapis saat cat masih basah..
karna saat mulai lapisan berikutnya dari sisi kanan juga udah kering makanya bisa langsung lanjut ke lapisan berikutnya..
 
 
 
sebenernya sih kalo mau nambal catnya gitu harus tunggu 3 jam setelah kering sempurna dulu..
kenapa aku ga tunggu 3 jam? karna catnya juga udah kering dan aku tuh ngecatnya emang ga terlalu tebel gitu dari awal..
 
 
ini dia untuk cat lapisan yang ketiga, bagian yang bolong-bolong ga rata udah ketutup sempurna dan ini lapisan yang terakhir..
gimana-gimana? bagus kan? meskipun hijaunya tuh ga nyambung sama warna lantainya wkwk
 
 
 
kira-kira beginilah progress-nya kalo dijadiin satu, keliatan banget kan perbedaannya??
total waktu aku ngecat ini kurang dari 2 jam aja karna sebelum setengah 5 sore aku udah selesai sampai lapisan ketiga..
aku amaze banget sih sama cat Nippon Weatherbond Solareflect ini karna ternyata irit juga pemakaiannya..
untuk 3 lapis cat ini aku make catnya ga sampe setengah kaleng! WAW!
 
 
 
bye-bye tembok putih kusam nan compang-camping wkwk, jadi ini dia before dan after-nyaaa..
balkon aku jadi keliatan lebih cantik dan terang benderang deh wkwk
ngecat gini aja seru bangettt, kalo kek gini rasanya nagih banget jadi pengen ngecat kamar juga HEHE
 
 
 
sedikit cerita juga nih, jadi kira-kira setengah jam aku selesai ngecat ternyata hujan lagi dong!!
awalnya aku sempet panik, bakalan ambyar ga yah? soalnya bener-bener belum lama kan keringnya..
aku selesai ngecat tuh sekitar setengah 5 sore dan jam 5an tiba-tiba hujan deres lagi HUHU
aku udah was-was takunya luntur dan bakal bikin kerjaan ngecat lagi 2x, tapi ternyata Nippon Paint ajaib banget karna GAK LUNTUR SAMA SEKALI!!
wagelaseh!! padahal catnya aja belum kering sampe 1 jam loh, tapi gak luntur!!
asli beneran rekomen banget! mama sama papa aku aja kaget, padahal aku belum lama selesai ngecatnya tapi kok diguyur hujan deres catnya tuh gak ambyar..
catnya bener-bener mantul!!
 
 
 
buat yang kepo seakurat dan konsisten apa warna yang Nippon Paint kasih, nih kalian bisa lihat deh perbandingan warna di color guide sama hasil yang aku cat..
 
 
 
sama persis kan! ga salah sih ngecatnya pake Nippon Paint!
 
by the way selain datang langsung ke toko buat nanya-nanya tentang produk dan konsultasi warna, kita juga bisa loh contact WhatsApp Care di nomer +628111283028 serta Colour Scheme Service Nippon Paint untuk konsultasi pengecatan atau produk lebih lanjut dan ini semuanya GRATIS!!
jadi buat yang pengen ngecat rumah tapi masih bingung sama pilihan warnanya bisa banget untuk konsultasiin dulu..
terus semisal ga ada waktu buat dateng ke toko langsung kita bisa konsultasi online hihi
 
okedeh jadi segitu aja cerita aku bikin suasana baru di balkon dalam rangka menyambut bulan ramadan, *tsaelah~
hebatnya Nippon Paint jadikan harapan ramadan lebih berwarna..



see you at my next post!
 
 
 
Tysa^^
 

#NipponPaint #NipponPaintWeatherbondSolareflect

9 comments:

Marantina said...

Canggih banget ya teknologi Nippon paint bisa campur cat base dan warna pilihan kaya gitu. Baru tau kalau warna hijau itu banyak yang suka ^^

Nyonya Faruq said...

Warnanya hijau cerah ceria banget deh nippont baru memang best dehh pokoknya sip

Ainhy Edelweiss said...

Semua warna cat Nippon menarik dan enak dipandang mata, sy jg pake salah satu warna tren ramadhan nya saat renov kemarin

K. Niken said...

Aku baru tahu nih kalau Nippon Weatherbond Solareflect merupakan cat exterior premium yang memiliki sunblock technology. Keren sih emang cat Nippon ini.

Mellisa said...

Nippon Paint emang gak perlu diragukan lagi ya kualitas catnya. Btw lihat suasana baru balkonnya jadi seger banget ijo gitu.

Aliyatus sa'diyah said...

keren nih ada teknologi untuk perlindungan matahari jadi lebih awet pastinya ya warnanya

Imawati A. Wardhani said...

Cantik-cantik banget pilihan warna dari nippon paint ini. Hasilnya juga apik mbak, balkonnya jadi kelihatan lebih seger yaa cerah gitu..

Renayku said...

Aku juga pake nippon paint untuk tembok depan (luar rumah). Pake warna hijau klepon juga kayak gini. Seneng bgt deh pokonya pake Nippon Paint. Warnanya bagus & awet.

Pradyta Febriana said...

Balkonnya jadi lebih seger tampilannya dan tentunya warnanya lebih hidup. Terimakasih reviewnya kak