February 10, 2020

5 Rekomendasi Sabun yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

hola guys! here im back again!
di blog post kali ini aku mau share ke kalian rekomendasi 5 produk sabun cuci muka untuk kulit berjerawat dari aku nih..
jadi emang selama beberapa tahun terakhir ini aku struggle banget sama yang namanya jerawat, aku udah pernah coba berbagai produk sabun ini itu dari yang murah sampai yang mahal dan semuanya itu demi nyari yang cocok untuk kulit aku plus ampuh buat atasin si jerawat itu sendiri..
gak jarang kalo pas salah pilih produk, jerawat aku malah makin meradang karna ga cocok sama produk tersebut huhu
tau sendiri lah yang paling nyebelin dari jerawat itu gampang buat dia dateng, tapi susah banget untuk buat dia pergi apalagi buat hilangin bekasnya..
nah selama pengalaman aku coba berbagai produk sabun cuci muka ini, ada beberapa yang rekomen menurut aku nih..
masing-masing dari produk ini juga punya keunggulannya tersendiri, terus ada juga yang concern ke jenis kulit tertentu gitu..

untuk kalian yang kulitnya berjerawat kaya aku bisa disimak post kali ini yak, jangan sampe di skip!
jadi meskipun memiliki kulit yang berjerawat pada dasarnya jenis dari kulit kita ini berbeda-beda loh gaes..
ada yang kombinasi, kering, sensitif, maupun berminyak.. nahhh, disini dalam memilih produk yang kita mau pakai, kita sendiri harus tau jenis kulit kita tuh apa..
jangan asal pilih khusus jerawat aja mentang-mentang kulit jerawatan, karna kalo salah malah bisa bikin breakout lebih parah atau reaksi lain seperti kulit cenderung menjadi kering bahkan kusam..
kalo jenis kulit aku bagian dalamnya itu kering parah alias dehidrasi, terus luarnya di bagian t-zone itu berminyak plus bagian pipi normal..
so bisa disimpulin kalo kulit aku itu kombinasi plus berjerawat pula..

nah sebelum aku share ke kalian 5 produk rekomendasi dari aku, aku juga punya 5 tips dalam memilih produk sabun cuci muka yang tepat untuk kita sebelum kita memutuskan untuk membeli nih..
  1. pilih sabun berdasarkan jenis kulit, seperti yang sudah aku bahas diatas tadi usahakan untuk memilih sabun sesuai jenis kulit agar hasilnya maksimal
  2. pilih sabun berdasarkan dari jenis jerawat kita agar hasil lebih optimal, karna selain jenis kulit ternyata jerawat juga memiliki jenisnya juga loh gaes jadi pilih berdasarkan jerawat kita, apakah jerawat ringan, meradang, berat, dsb
  3. pilih sabun yang tidak menyebabkan iritasi untuk atasi semua jenis jerawat, nah hal ini semata-mata jika kulit kita nantinya ga nerima kandungan dari sabun yang kita pake, kulit kita gak iritasi berkelanjutan..
  4. pilih sabun dengan kandungan obat jerawat untuk mempercepat penyembuhan
  5. pilih berdasarkan jenis sabun yang diinginkan agar mempermudah pemakaian kita, misalnya sabun batangan, cair, gel, dll sesuai kebutuhan
itu dia kelima tips dalam pemilihan sabun cuci muka untuk jerawat, sekarang yuk langsung aja nih aku share 5 produk rekomendasi dari aku yak..

1. Holly Sabun Hijau Antiseptik
dok. pribadi

sesuai dengan namanya, sabun Holly ini berwarna hijau dan sabun ini adalah produk lokal loh gaesss.. surprisingly ternyata sabun ini udah ada lama banget yaitu sejak tahun 1988!
wagelasehhh! aku aja belum lahir tapi ini sabun udah ada bahkan eksis sampe sekarang.. kebayang ga tuh kualitasnya sebagus apa?
sabun ini terbuat dari minyak kelapa asli serta memiliki tekstur yang super lunak..
kalo dilihat sekilas dari fisiknya, sabun ini seperti sabun batangan pada umumnya yang keras, tapi sabun Holly ini gak keras sama sekali loh gaess..
selain itu sabun hijau Holly ini juga gak ada baunya, kebetulan aku itu emang belakangan ini lagi concern banget sama produk yang berbau gitu soalnya kadang ga enak kan baunya, apalagi kalo bau-bau obat atau jamu gitu.. nah ajaibnya sabun Holly ini gak berbau sama sekali..
bukan cuma itu aja, sabun Holly ini juga termasuk sabun antiseptik dan tidak mengandung fragrance (pewangi) sama sekali serta sodium seperti sabun pada umumnya..
sabun hijau Holly ini juga memiliki kandungan moisturizer yang berguna untuk membantu kulit terjaga kelembabannya..
kandungan aktif lain pada sabun Holly ini yaitu triclosan, dimana kandungan ini sebagai antiseptik yang dapat membantu kulit terhindar dari mikroba dan jamur..
sabun hijau Holly antiseptik ini diklaim dapat meredakan berbagai permasalahan pada kulit seperti gatal karna alergi, gatal karena bakteri dan jamur, bahkan ketombe, dan juga pastinya jerawat..
untuk perawatan pada kulit berjerawat bagi yang memiliki kulit kombinasi seperti aku, aku saranin untuk gak pake keseluruh kulit wajah ya.. jadi dipakai diarea yang berjerawat aja lalu bilas hingga bersih seperti pemakaian sabun seperti pada umumnya..
nah sabun ini akan membantu untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat serta melembabkan kulit setelah dipakai karena kandungan antiseptik dan moisturizer-nya..
sehingga dapat membantu menyembuhkan kulit dari jerawat nih gaess..
terus nih perlu kalian tau juga kalo sabun hijau Holly ini ternyata bisa dipakai gak cuma untuk kulit wajah aja loh, jadi bisa dipakai untuk seluruh badan juga berhubung sabun ini dapat mengatasi berbagai permasalahan pada kulit..
untuk masalah harga juga kalian gak perlu khawatir karna harga dari sabun ini sangat amat terjangkau dikantong loh, berkisar dari 3k-13k aja tergantung ukuran sabunnya karna tersedia dari berbagai macam ukuran..

2. Cosrx Salycilic Acid Daily Gentle Cleanser
dok. google

sesuai dengan namanya, kandungan utama dari sabun cuci muka Cosrx ini adalah salycilic acid dimana kandungan ini berfungsi untuk membersihkan kulit dari kotoran yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat..
kemasan dari Cosrx ini tube terus tektur sabunnya warna putih seperti cream foam tebal dan ada butiran-butiran halusnya gitu..
butiran-butiran halus ini dapat membantu proses eksfoliasi pada kulit kita dan sabun ini khusus untuk wajah aja yak..
wanginya standar, agak seperti obat tapi gak terlalu mencolok banget jadi masih aman dan gak ngeganggu pas dipakai..
efek setelah cuci muka dengan sabun Cosrx ini adalah keset, kulit terasa bersih keset kering gitu tapi gak ketarik (karna aku pernah coba sabuu\n cuci muka yang hasil setelah pakainya kulit kaya ketarik gitu, ini gak banget sumpah)
bagi yang memiliki kulit kering atau dehidrasi aku gak menyarankan untuk pakai sabun ini, karna hasil setelah pakainya yang bikin keset kering gitu takutnya malah buat kulit jadi makin kering kerontang..
produk ini cocoknya untuk orang yang memiliki jenis kulit berminyak, karna hasil dari pemakaiannya seperti meminimalisir produksi dari sebum a.k.a minyak yang ada..
anyway Cosrx ini brand asal Korea Selatan yang memang lagi hypening banget belakang di Indonesia, tapi untuk masalah harga lumayan pricey gaess..
mungkin karna bukan brand lokal juga kali ya, karna over 100k harganya huhu
tapi worth dengan hasilnya, Cosrx ini jika dipakai pas jerawat kamu lagi meradang bisa membuat jerawat kamu cepat kering dan kempes..

3. Elsheskin Acne Cleansing Wash
dok. pribadi

selanjutnya ada acne cleansing wash dari Elsheskin, ini salah satu dari brand lokal juga gaess..
acne cleansing wash-nya Elsheskin ini mengandung anti acne yang di formulasikan untuk menjaga kulit berjerawat serta mencegah jerawat baru terbentuk..
sabun ini bertekstur liquid, warnanya putih dan agak glossy gitu, teksturnya sendiri tidak kental dan juga sabun ini tidak mengandung scrub..
kalo pas dipake sabun acne cleansing wash dari Elsheskin ini tidak menghasilkan busa yang begitu banyak..
efek setelah pakai itu kulit terasa halus dan lembab jadi yang pastinya tidak membuat kulit menjadi kering..
sabun ini juga mengandung salicylic acid dan sulfur loh! 2 kandungan ini tuh bagus banget untuk melawan jerawat..
sabun ini aman digunakan untuk jenis kulit berminyak, kering, maupun sensitif karna tidak mengandung pewangi tambahan serta alkohol..
jadi sabun ini tuh idea untuk kita yang ingiin mengatasi jerawat sekaligus melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat..
untuk kategori harga acne cleansing wash dari Elsheskin ini masuk dalam kategori sedang lah, jadi gak begitu murah atau pun mahal..

4. Cetaphil Gentle Skin Cleanser
dok. google

sabun dari Cetaphil ini cocok banget untuk yang memiliki kulit sensitif, karna sabun yang satu ini diformulasikan untuk kulit yang berjerawat tapi super sensitif..
sabun ini lembut di kulit dan tidak menyebabkan iritasi, sabun ini juga tidak mengandung busa dan silicone free..
Meskipun sabun Cetaphil ini pada dasarnya ga dikhususkan untuk mengatasi jerawat, tapi kalo dengan pemakaian secara rutin kita bisa mendapatkan kulit wajah yang bersih dan mulus bebas jerawat..
selain itu sabun ini ga cuma buat orang dewasa aja, Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga bisa dan aman dipakai untuk anak-anak..
uniknya dari sabun ini yaitu bisa diaplikasikan ke wajah baik dengan maupun tanpa air plus sabun ini juga bisa dipakai untuk badan juga..
namun kalo dari segi harga sabun Cetaphil ini tergolong pricey, karna harganya menginjak diatas 100k..

5. Acnes Natural Care  Facewash Complete White
dok. google


terakhir ada acnes creamy natural care facewash complete white dari Acnes, sabun ini banyak dijual diberbagai supermarket ataupun drugstore..
produk dari Acnes ini dikenal sebagai produk khusus untuk mengatasi permasalahan jerawat..
Kandungan natural active ingredients dan vitamin C di produk ini ga cuma berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat, tapi juga bisa mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam bekas jerawat loh..
saelain itu sabun Acnes yang satu ini diperkaya dengan pelembap jadi sabun ini ideal untuk yang memiliki jenis kulit kering..
sabun Acnes ini saat dipakai menghasilkan busa yang lembut, kulit akan terasa lebih segar dan kesat setelah dibilas..
harga dari sabun ini cukup affordable loh, selain itu juga gampang dicarinya..

oke gaess, jadi itu dia 5 produk rekomendasi aku untuk mengatasi permasalahan jerawat plus tips-nya juga dalam memilih sabun cuci mukanya..

see you at my next post!


Tysa^^