April 27, 2018

Pengalaman Perpanjang Passport di Kantor Imigrasi - Sharing Something

hola guys! welcome back to my blog!
kali ini aku mau sharing pengalaman aku perpanjang passport di imigrasi..


jadi tepat tanggal 18 april 2018 kemarin passport lama aku udah abis masa berlakunya, so akhir maret lalu mulailah aku nyoba buat perpanjang passport aku.

as we've already know, sekarang kalo yang namanya bikin baru ataupun perpanjang passport itu semuanya melalui aplikasi atau berbasis online, bukan yang on the spot dateng langsung ke imigrasi gitu.
jadi sebelum dateng ke kantor imigrasi kita harus melewati prosedur pendaftaran melalui online.
sebelumnya aku emang udah tau kalo perpanjang atau bikin baru passport tuh via online, tapi aku dapet info dari tante aku katanya kalo kita mau perpanjang passport kita harus daftar pake aplikasi passport gitu.

tanggal 21 maret aku coba buka website imigrasi, disitu sebelum kita daftar untuk perpanjang passport kita diharuskan daftar dulu.
jadi kaya daftar akun baru gitu, pastiin email aktif karena verifikasi bakalan dikirim ke email.
setelah aku buat akun baru aku coba untuk pilih kantor imigrasi yang aku mau tapi semua kantor imigrasi kaya gabisa dibuka gitu.. aku gabisa milih tanggal dan tanggal yang tertera kaya ke block gitu jadi kita bener-bener gak bisa pilih.

disini aku agak kesel sih, katanya dengan online ini sangat-sangat mempermudah kita tapi kok malah kaya mempersulit?? bener-bener gabisa apa-apa meskipun udah buat akun baru.

singkat cerita aku update di insta story instagram (hehe) dan banyak dari temen aku yang respon tentang update-an aku itu..
ada temen aku yang bilang jangan lewat website karna suka lemot kalo bisa via aplikasi aja, ada yang bilang kita mesti pantengin website setiap pagi kita nyoba-nyoba terus, terus ada temen aku yang bilang juga kalo bisa langsung dateng ke kantor imigrasi aja (?)

so aku putusin buat download aplikasinya, anyway sampai saat ini aplikasi passport online ini cuma bisa di download di hp yang berbasih android bukan ios.
whats not cool about this, aku kebetulan pake hp berbasis ios so aku gabisa download tapi untungnya mama aku pake hp android jadilah aku downloadnya di hp mama aku :/

udah download, sign in akun yang udah dibuat sebelumnya dan aku coba lagi buat milih kantor imigrasi yang aku mau TAPI hasilnya tetep sama aja, i still can do nothing.
semua kantor imigrasi yang aku coba itu kuotanya udah FULL semua :((
yess literally SEMUA! aku coba jakarta timur, jakarta utara, depok, bekasi, sampe aku coba-coba kantor imigrasi pun FULL! i dont even know why :/

i was so pissed off that time, seriously kesel setengah mati...
udah coba download aplikasinya tapi tetep aja ngeselin, boro-boro mau pilih tanggal buat dateng ke imigrasi, lah milih kantor imigrasinya aja gabisa jadi gimana mau dapet kuota karna tulisannya FULL terus :((

aku cari-cari info sana sini, aku tanya temen-temen aku yang sebelumnya pada nyaranin aku dan ternyata emang bener kaya gitu.
katanya kita harus nunggu kuota gitu, jadi harus cek terus-menerus  selagi ada waktu.. i was like, really??

dari sini aku coba search di instagram "imigrasi" dan aku ketemulah dengan akun resmi Ditjen Imigrasi Indonesia, if you wanted to follow them click here
aku cari info lebih lanjut di instagramnya Ditjen Imigrasi, following them was very helpful actually..
so i found out how to get some "kuota" for perpanjang passport yey!
jadi hasil dari ngefollow Ditjen Imigrasi adalah sebuah jawaban dimana kuota pembuatan passport baru atau perpanjang baru akan dibuka setuap hari minggu jam 5 sore, oke fine.
kuota yang dibuka itupun buat 2 minggu kedepannya..

hari minggu tanggal 25 maret aku coba buka lagi aplikasi passport onlinenya, meskipun di infoin kalo pembukaan kuota itu jam 5 sore tapi waktu itu aku iseng aja siang-siang buka sekitar jam 2an.
DAN ALHAMDULILLAH AKU DAPET DONG KUOTANYA!! YEAY!

pastiin sebelum daftar siap-siap ktp ya karna kita bakalan disuruh input NIK ktp kita, setelah daftar di aplikasi kita bakalan dapet barcode gitu yang nantinya buat kita tunjukin ke petugas di kantor imigrasi saat kita dateng.

aku pilih di Kantor Imigrasi Unit Layanan Paspor I Jakarta Selatan hari rabu tanggal 5 april dan aku milihnya yang jam siang.
jadi ada 2 sesi gitu di aplikasi, kita bisa pilih pagi atau siang selama kuota masih tersedia.
kalo sesi pagi dari jam 8-11 siang, kalo sesi siang dari jam 2-3 sore.

sebelumnya aku agak aneh sih soalnya daftar kali ini kok cuma sekedar input nama lengkap dan NIK KTP aja, soalnya waktu bikin pasport 5 tahun lalu aku via online juga (website imigrasi) trus aku harus upload beberapa data yang dibutuhin kaya kartu keluarga, akte kelahiran, dll.

sampe waktunya tanggal 5 april aku dateng ke kantor imigrasi, aku nyampe kantor imigrasi jam 1 siang.
dibagian resepsionis depan udah ada petugas imigrasi yang siap ngelayanin, aku dan mama ditanya keperluannya apa (kebetulan aku perpanjang bareng mama).
gak lain dan gak bukan ya pasti perpanjang passport :))
petugas minta barcode yang ada di aplikasi yang sebelumnya didapetin itu, setelah barcode nya di scan aku dapet nomer antrian untuk dipanggil wawancara.
sambil nunggu dipanggil aku isi form passport gitu, ga sampe 10 menit dari aku isi form passport nomer antrian aku dipanggil..
that was kinda quick too, bener-bener ga sampe 10 menit..
mungkin karna aku sesi siang (?) tapi gatau juga sih, padahal disana ada lumayan banyak orang yang lagi duduk nunggu antrian, tapi gak full banget juga.
masuk ke dalam, ditanya-tanya singkat sama petugas yang layanin berkas aku, cocokin berkas yang aku bawa, difoto, sidik jari, dan selesai.
ini gak sampe 15 menit, yang bikin lama kemaren tuh karna aku difoto berkali-kali wkwk
ada kali tuh sampe 10x hahaha, abisan bolak balik kuping aku ga keliatan. kurang proposional katanya haha
mama aku dipanggil setelah aku malah selesai duluan :))

setelah selesai ini aku dikasi lembaran konfirmasi buat bayar passportnya, jadi pembayaran bisa langsung di bank atau tranfer maksimal 3 hari setelah pembuatan passportnya.
aku dijadwalin tanggal 11 april dan mulai jam 1 siang buat ambil passportnya, sebenernya sih cuma 3 hari setelah kita wawancara cuma karna kemaren aku wawancaranya hari rabu jadi kepotong weekend so yeah jadinya baru tanggal 11 dijadwalinnya.

tanggal 11 aku dateng, konfirmasi ke petugas depan lagi buat ambil passport. jangan lupa siapin lembar konfirmasi dan bukti pembayaran passportnya juga..

setelah itu, UDAH.

ini bener-bener beda banget dari pengalaman pertama aku buat passport dulu yang lumayan ribet dan CAPE ANTRI LAMA BANGET setengah matee wey gara-gara diselak calo mulu huh!
ternyata kali ini emang bener-bener GAK RIBET! good job Ditjen Imigrasi
cuma yang bikin kesel itu emang ga dapet kuotanya diawal, itu juga kemaren karna aku gatau menau sala sekali kalo pembukaan kuota tuh ternyata cuma dibuka dihari minggu aja.

so here's some tips from me to know:
* jangan berhenti nyari info pastinya, karna kalo aku misalnya kemaren gak iseng nyari info imigrasi di instagram aku ga bakal tau kalo ada sistem kuota yang cuma dibuka seminggu sekali
* download aplikasi di hp basis android (sampai saat ini di ios belum ada, sedih emang), cari aja "passport online"
* standby hari minggu, gausah nunggu jam 5 sore kaya yang di infoin imigrasi, coba aja pas siang-siang karna alhamdulillah aku dapet kuota
* gausah bawa berkas ribet-ribet karna yang diperluin cuma KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, dan Passport lama kalo kita perpanjang. ini semua di fotocopy 1 lembar, kalo mau jaga-jaga yaudah fotocopy 2 lembar aja
* pake makeup dah yang cakep biar foto passport ga jelek-jelek amat wkwk
* bayar passport dihari yang sama pas kita wawancara karna pengalaman aku kemaren ada bapak-bapak yang ketunda hasil jadi passportnya karna dia baru bayar last minute.

tapiiii karna ga semua orang itu tau sistem dan caranya makanya aku mau share pengalaman aku ini, semoga berguna buat para pembaca blog aku yang lagi nyari-nyari info tentang pembuatan atau perpanjangan passport.


Website Imigrasi Pendaftaran Passport Online http://antrian.imigrasi.go.id
Instagram Ditjen Imigrasi @Ditjen_Imigrasi

Follow my instagram, @LILTYSA
kalo ada yang mau ditanyain bisa email aku, klik disini



see you at my next post!

Tysa^^