June 25, 2023

SKINPROOF Hadir Demi Membantu Konsumen dalam Memilih Produk Kecantikan Sesuai dengan Kebutuhannya

 welcome back to my blog bestieeee!
blog post kali ini aku sharing pentingnya kehadiran SKINPROOF dalam membantu konsumen memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhannya..
maret lalu aku sempet ikutan workshop bareng sama SKINPROOF tentang pentingnya kredibilitas sebuah produk, baca detail-nya di post ini yaa..
 

buat yang belum tau apa itu SKINPROOF, jadi SKINPROOF ini adanya dibalik layar suatu produk..
kalo kalian bertanya-tanya maksudnya dibalik layar kaya gimana, nah SKINPROOF ini bekerja dengan membantu para client-nya yang merupakan brand untuk melakukan riset, uji coba, cosmetic claim support, sensory research, hingga konsultasi dan layanan regulasi..
berada dibawah perusahanaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen, SKINPROOF bergerak secara independen  melalui PT. Derma Lab Asia dan sudah berdiri sejak 2017 dengan dukungan tenaga ahli di bidangnya..
SKINPROOF juga telah melayani banyak perusahaan beauty ternama di Indonesia, perannya sendiri yaitu membantu brand mencari produk apa yang dibutuhkan oleh konsumen..
mulai dari fungsi dan manfaatnya, mengevaluasi produk yang dibuat, serta membantu mengenalkan produk ke konsumen sehingga konsumen dapat memilih dengan tepat produk yang mereka inginkan sesuai dengan product claim-nya..


selain membantu brand, purpose kehadiran SKINPROOF juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai konsumen agar lebih selektif lagi dalam memilih produk beauty terbaik, yakni produk aman dan memberikan hasil yang di inginkan serta tidak hanya berdasarkan trend saja..
salah satunya ini terbukti ke diri aku sendiri karna sejak ikut workshop bareng SKINPROOF maret lalu aku jadi sadar betapa pentingnya memilih produk beauty yang sesuai dengan kebutuhanku, yang sudah jelas teruji secara klinisnya serta yang sesuai dengan claim-nya..
aku juga yakin temen-temen blogger lain yang hadir di workshop maret lalu pasti terbantu banget juga sejak kenal sama SKINPROOF..
tau lah ya banyaknya produk-produk kecantikan yang muncul belakangan ini bikin aku sebagai konsumen harus lebih cermat lagi dalam memilih sebuah produk..
soalnya nih ternyata masih banyak banget loh produk-produk kecantikan di pasaran Indonesia yang beredar masih dibawah standar..
baik dari dalam segi kualitasnya, dari klaim fungsi & manfaat produknya, hingga beberapa diantaranya masih belum dilakukan uji secara klinis..
 

hal yang paling banyak terjadi itu ada pada product claim, dalam industri beauty ini tidak memungkiri kalo product claim memang menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer..
banyak brand yang menggunakan claim dari produk mereka untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen dengan menjelaskan manfaat dan hasil yang didapatkan dari penggunaan produk tersebut..
tapi yang namanya claim dalam sebuah produk beauty itu haruslah jujur, claim ga boleh menghubungkan dengan efek yang sebenarnya tidak dimiliki pada produk tersebut..
namun pada kenyaatannyaa masih ada beberapa brand yang claim-nya tidak sesuai atau over claim, padahal semua product claim yang dibuat harus dapat dibuktikan..
 
 
 Cosmetic, Toiletry & Perfumery Association (CTPA) dan Advertising Standard Authority (ASA) mengkategorikan klaim produk kosmetik terbagi menjadi 5 kategori, yaitu:
* Performance Claim, klaim yang berkaitan dengan efek suatu produk seperti “Mengurangi garis halus” atau “Melindungi kulit selama 24 jam”
* Ingredients Claim, yang menyatakan kandungan atau kombinasi dari kandungan yang memberikan khasiat tertentu pada produk, misalnya “Mengandung retinol untuk mengurangi kerutan”
* Sensory Claim, yang terkait dengan sensasi atau pengalaman sensori saat menggunakan produk, seperti “Membuat kulit terasa halus dan lembut”, atau dapat juga berupa estetika produk sensori, seperti “Roll-on applicator”
* Combination Claim, yaitu klaim gabungan dari klaim-klaim tersebut di atas
* Comparison Claim, atau klaim perbandingan untuk menggambarkan komparasi produk dengan produk lainnya agar konsumen dapat melihat perbedaan yang signifikan dari keduanya
 
jadi sebuah brand harus memberikan bukti ilmiah yang dapat di validasi oleh sumber yang kredibel atau terpercaya dengan menggunakan beberapa metode pilihan seperti sensory property analysis, consumer testing, in vivo clinical/expert assessment, instrumental test atau in vitro/ex vitro test..
nah disini SKINPROOF hadir untuk melakukan product testing dan consumer research melalui berbagai metode-metode diatas..
 
photo by SKINPROOF
 
“Dalam industri kosmetik yang sangat kompetitif, klaim produk dapat menjadi alat yang efektif untuk membedakan merek dan menarik perhatian konsumen. Namun, penting untuk memastikan bahwa klaim produk yang dikomunikasikan dapat dibuktikan secara ilmiah karena klaim produk harus digunakan dengan hati-hati dan transparan untuk membangun kepercayaan konsumen,” ujar Theresia Sinandang, Head of SKINPROOF pada Press Release Media May lalu..
 
banyaknya kehadiran produk di pasaran yang lumayan massive bikin aku agak bingung juga tiap milih-milih produk buat di beli..
 
 
kadang dalam 1 brand ada yang ngeluarin produk sama namun dibikin keliatan berbeda karna highlight isi kandungan utama dan claim dari produknya..
padahal kalo di perhatikan lebih detail manfaat dan fungsinya juga sama aja sebenernya, jadi mikir apakah sesuai dengan claim-nya??
sebagai contoh produk serum, dalam 1 brand pasti ada berbagai pilihan serum yang di claim punya manfaat dan fungsi yang berbeda tapi kalo aku perhatiin sebenernya mah sama aja..
tapi sekarang aku udah mulai bisa pilih-pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit..
nah yang parah banget itu pengalaman aku pas masih awam sama suatu produk di tahun 2017 lalu..
 
 
jujur aku adalah salah satu konsumen yang gampang banget kemakan iklan terutama review para beauty reviewer wkwk
jadi dulu setiap liat review yang katanya bagus banget pasti aku kepo buat coba produknya dan berujung dengan membeli produk tersebut..
hal yang ga ngenakin itu ga cuma satu atau dua kali produk yang aku beli akibat keracunan iklan ternyata ga cocok di kulit aku..
selain udah pasti mubazir karna produk ga kepake sampe habis, ada beberapa produk yang malah bikin kulit aku sampe breakout segala huhu
dari pengalaman aku ini bikin sadar ternyata bener-bener sepenting itu buat tau kondisi kulit kita dan pengetahuan tentang kandungan-kandungan pada produk yang mau kita pake..
 
 
paling penting yang pertama itu tau kondisi kulit sih supaya kita bisa nentuin produk yang sesuai dengan kebutuhan..
kalo di inget-inget kayanya sebelumnya aku juga kurang aware tentang kondisi kulit sendiri karna yang aku tau cuma kulitku itu acne prone dan berminyak..
ternyata pas aku melakukan skin check hasilnya kulit aku justru sebenernya kering dan ga berminyak, jadi bagian dalamnya lumayan dehidrasi dan karna dehidrasi ini bikin produksi sebum jadi berlebih di permukaan kulit makanya aku ngiranya kulit aku berminyak wkwkwk
pantesan dulu kalo pake produk-produk khusus untuk kulit berminyak itu kayanya ga ada efek perubahan signifikan di kulitku karna ternyata seharusnya aku pake produk yang untuk kulit kering..
meskipun udah tau kondisi pasti kulit ternyata ga bikin aku langsung pas milih produknya, karna awalnya aku kira itu kandungan-kandungan skincare kurang lebih manfaatnya sama terus ga masalah kalo dipakai bersamaan dan dipakai siang maupun malam hari..
 
 
pelajaran skincare bener-bener bikin aku melek kalo cuma make produk aja berbagai step itu ga cukup..
mau produknya mahal sekalipun kalo cara pakainya salah tetep aja ga memberikan hasil yang maksimal..
contohnya seperti kandungan aktif itu gabisa di pakai dalam waktu yang bersamaan, lalu kandungan retinol yang hanya bisa dipakai di malam hari, setiap hari wajib pakai sunscreen dan tidak lupa untuk re-apply, sampai kandungan yang berbasis eksfoliasi itu tidak baik digunakan setiap hari dan pokonya masih banyak pelajaran serta fakta seputar skincare yang baru aku tau meskipun udah tau kondisi kulit..
 
 
 
pelajaran tentang skincare-pun bertambah sejak kenal SKINPROOF karna dalam memilih produk ternyata harus lebih selektif lagi serta yang jelas sudah teruji, jadi dalam memilih produk harus diperhatiin tuh product claim-nya sesuai apa engga dengan kandungan yang ada, nyari produk dengan kredibel jelas lalu apakah aman dan sudah teruji klinis..
makanya sekarang kalo ngeliat produk sebelum dipake aku bener-bener perhatiin dulu kandungannya sama keterangan sudah teruji klinis atau belum wkwk
tapi yang namanya pengalaman pasti jadi sangat amat berguna kedepannya, karna dari pengalaman aku ini justru jadi manfaat yang besar buat aku sekarang dalam mengambil keputusan untuk memilik produk..
jujur seneng banget sih karna sekarang ngerasa lebih paham tentang pelajaran skincare, meskipun ga begitu expert banget tapi paling tidak ini bisa jadi acuan aku untuk memilih produk yang sesuai di kemudian hari..
sebagai salah satu konsumen aku pun udah terbantu banget dengan kenal sama SKINPROOF, semoga kedepannya makin banyak lagi konsumen yang terbantu oleh SKINPROOF dalam memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhannya..
 
nah buat temen-temen yang mau tau lebih detail tentang SKINPROOF, langsung klik link dibawah
 
jadi itu dia sharing dari aku kali ini & terima kasih buat yang udah baca, semoga kalian juga terbantu dalam memilih produk kecantikan kedepannya dengan kenal SKINPROOF..


see you at my next post!
 
 
 
Tysa^^
 

 
#Skinproof #SkinproofID #SkinproofIndonesia #AryaNoble #SkinproofFriends #DermatologyTested #UjiKosmetik #ClinicalTested #ConsumerTested #KosmetikAman

8 comments:

Sejingga said...

Wahh, ini poinnya penting banget, sih. Terutama soal nggak boleh bergantung sama review krn kulit tiap orang itu kondisinya beda-beda. Daaan, jangan sampe tertarik sama skincare yg bikin instan putih, apalagi yg nggak ada label ingredients dan labelnya.

Fazirotul Firdaus said...

ini bener banget, jangan gampang percaya klaim kalo mau beli produk, harus bener2 riset dan sesuaikan sama jenis dan kebutuhan kulit. thank you for sharing ya kak

Aya Choiriyah said...

Ga pake lama setelah baca artikel ini aku langsung follow semua media sosial skinproof. sepenasaran itu dooong

ShintaDwiA said...

Setuju kak. Aku tiap mau coba produk baru tuh mesti cek dulu reviewnya, kandungannya, dll. Soalnya pernah breakout semuka & bertahun² hilangnya. 🥲

Risma Hasria said...

Bagus banget peran nya ini baik bagi konsumen ataupun pemilik bisnis beauty. Harus follow sosmed nya sih aku

waritsa said...

Setuju dengan statement ini. Karena, aku sendiri kalau udah gak cocok satu produk pasti punya basic skincare sesuai dengan konsern kulitku

Fityah Nadhilah said...

sumpah sih isi review ini 'Daging' banget, bener² ngebantu kita buat lebih aware ttg concern kulit kita sendiri, jadi ga gampang kemakan iklan

Nur Asiyah said...

Sekarang produk kecantikan memang beragam dan kadang malah bikin bingung milihnya. Dengan Skinproof jadi lebih mudah dan potensi sesuai lebih besar.