September 18, 2023

Elsheskin Creator Community Build Up with TikTok Shop

what's up bestie! welcome back again to my blog!
blog post kali ini aku mau share keseruan aku ikutan ELSHESKIN Camp "Creator Community Build Up" bareng sama ELSHESKIN dan TikTok Shop..
 
 
 
jadi ELSHESKIN Camp ini tuh workshop gitu dari TikTok Shop yang bekerjasama dengan ELSHESKIN..
 
 
 
acara ini berlangsung selama 2 hari di tanggal 2 dan 3 September 2023 kemarin, lokasinya itu ada di AD Studio, Cilandak, Jakarta Selatan..
aku bisa ikutan acara ini karna sebelumnya sempet daftar dulu, infonya itu aku dapet dari group telegram Elshe Squad yang aku ikutin..
kemarin itu lokasinya kan di AD Studio, tapi pas masuk itu tuh kaya kantor TikTok gitu..
 

 
kayanya sih AD Studio ini salah satu studionya TikTok juga, nah acaranya berlangsung selama 2 hari yang tiap harinya dimulai dai jam 10 pagi sampai jam 5 sore..
disini para Elshe Squad yang hadir belajar banyak banget tentang manjadi creator TikTok Affiliate dan mengembangkannya melalui berbagai fitur yang ada di TikTok..
 

acara dibuka dan dipandu sama ka Juju dari pihak TikTok Shop yang sekaligus memberikan perkenalan dasar mengenai TikTok dan TikTok Shop lalu dilanjut pembukaan singkat sama team ELSHESKIN ka Goldie..
 
 
 
disini ada 50 Elshe Squad yang diundang untuk ikutan, alhamdulillah banget aku jadi 1 dari 50 Elshe Squad yang ikutan ELSHEKIN Camp Creator Community Build Up ini..
 
 
 
workshop berlanjut dan dipandu sama ka Nadhif Rabbani, disini ka Nadhif ngejelasin banyak tentang TikTok dan TikTok Shop..
jadi TikTok itu merupakan aplikasi media sosial yang sekaligus tempat e-commerce, karna melalui TikTok kita bisa mendapatkan hiburan sekaligus belanja melalui TikTok Shop, makanya nih TikTok itu bisa disebut dengan "Shoppertertaiment"..
disini para Elshe Squad yang hadir akan belajar full kiat-kiat gimana sih menjadi TikTok Affiliate serta cara untuk promosi produk-produknya..
 
 
 
untuk mempromosikan produk sebagai affiliate di TikTok ada 4 cara nih, yaitu:
1. Live Shopping/Streaminglive shopping sendiri menjadi momen belanja yang imersif, dengan live shopping kita sebagai streamer bisa sekaligus menjual produk ke penonton secara bersamaa
2. Product Showcase, untuk ini kita sebagai Affiliator dapat menambahkan berbagai macam produk ke koleksi Product Showcase yang ada di profile kita..
3. Video Shopping, sama halnya dengan Short Video TikTok biasa namun sebagai Affiliator kita dapat menggabungkan produk dengan konten pribadi dan menjadikannya sales menggunakan fitur keranjang kuning
4. Shopping Mall, kalo ini jika kita juga sekaligus ingin berjualan di TikTok, disini kita bisa menggunakan TikTok Shop..
 
 
 
pembahasan workshop selanjutnya dilanjutkan sama kak Syarifah, disini kak Sya memberikan materi seputar live streaming di TikTok..
sebagai TikTok Affiliate kita bisa memanfaatkan fitur live streaming ini untuk menambah komisi, namun banyak hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat live streaming dan membuat short video diantaranya:
* perhatikan pakaian saat live, jangan menggunakan pakaian yang terlalu terbuka/vulgar
* jangan merokok/konsumsi alkohol saat live
* jangan sebutkan platform diluar TikTok
* jangan tidak ada interaksi sama sekali saat live, misalnya meninggalkan kamera dalam waktu yang lama'
* jangan live dengan menampilkan promosi anak dibawah umur, jika ingin live dengan anak-anak tidak masalah selama didampingi oleh orang dewasa (jika jualan baju anak-anak bisa alternatif dengan menggunakan manequin)
* untuk produk kecantikan jangan melebih-lebihkan efek, membuat pernyataan medis yang tidak tepat dan tidak ada buktinya 
* saat live tidak bileh ada gimick lucky draw/lucky dip karna dapat terdeteksi oleh sistem sebagai perilaku perjudian, jika ingin bagi-bagi hadiah diperbolehkan namun tanpa syarat sehingga tidak gambling dan terdeteksi sebagai penipuan
* jangan merekam atau mencuri video atau live dari kreator lain (mem-posting video taping)
* jangan menjanjikan hadiah dengan mewajibkan membeli, informasi yang diberikan harus jelas dan transparan
* item dan konten harus cocok dengan produk yang dipromosikan, harus relevan
* konten harus melindungi privasi, jangan menyebarkan data & informasi pribadi, sebaiknya fokus ke produk review saja
 
 
 
wagelaseh, ternyata banyak banget yah hal-hal yang harus diperhatikan saat kita ingin membuat konten short video ataupun live streaming di TikTok..
soalnya nih jika kita melanggar sanksinya akun kita bisa di banned permanen sama TikTok..
TikTok itu lumayan ketat peraturannya, jadi demi keamanan akun kita lebih baik jangan aneh-aneh supaya akun kita ga kenapa-kenapa..
 
 
 
lalu materi workshop selanjutnya ada dari Kak Bima sebagai product development ELSHESKIN nih..
tapi sebelum lanjut ada tambahan info mengenai ELSHESKIN dari ka Goldie..
jadi ELSHESKIN ini udah hadir sejak 2014 lalu, aku sendiri udah tau ELSHESKIN sejak 2015 soalnya ade aku pernah pake wkwk
di tahun 2023 ini ELSHESKIN berusia ke 9 tahun, dari tahun ke tahun aku liat sendiri perkembangannya ELSHESKIN..
soalnya aku sendiri udah jadi bagian dari ELshe Squad sejak awal 2018 lalu, menurut aku ELSHESKIN bener-bener improve banyak di produk-produknya..
nah sejak akhir 2021 ELSHESKIN emang branding serum-nya dari yang warnanya classic banget jadi super eye catching karna colorful..
 
 
 
ELSHESKIN sendiri sudah tersertifikasi BPOM dan Halal MUI, seluruh produknya juga non comedogenic, non tested on animal, essential oil free, fragrance free, paraben & sulfate free, serta alcohol free..
 
 
 
disini ka Bima juga sekaligus memberikan product knowledge dari 4 produk ELSHESKIN yang bakalan Elshe Squad promosiin nih..
ada ELSHESKIN Retinol Rejuvenating Night Serum, ELSHESKIN Daily Boost Antioxidant Serum, ELSHESKIN 5 in 1 Eyessential Night Serum dan ELSHESKIN Radiant Advance Serum..
 
 
 
etapi ga cuma dijelasin product knowledge-nya aja, karna para Elshe Squad yang hadir kali ini juga dikasih 2 serum-nya ELSHESKIN nih yang retinol dan vitamin c..
 sesi selanjutnya yaitu bikin konten bareng pake produk yang dikasih ini di studio TikTok disini..
aku ga ada footage-nya pas bikin konten di studio sih, soalnya asik TikTok-an sama yang lain wkwk
by the way dari semua para Elshe Squad yang hadir kita dibagi ke beberapa kelompok gitu untuk ngonten dan live bareng di hari kedua..
 
 
 
selesai ngonten bareng saatnya penutupan dan workshop hari pertama pun berakhir, nah sebelum pulang kita foto rame-ramean dulu buat kenangan hihi
 
 
 
lanjut hari kedua, seperti hari sebelumnya workshop dibuka sama ka Juju dari team TikTok lalu materi workshop lanjut ke ka Syafirah lagi nih..
 
 
 
disini ka Sya ngasih banyak info menarik seputar TikTok lagi nich..
jadi ternyata ada 7 hal penting yang perlu diperhatikan dalam bikin short video di TikTok, yaitu:
1. musik yang trending, sebisa mungkin kita ikutan bikin video dengan music yang sedang hype supaya video kita juga bisa ke boost dan bahkan fyp, jangan lupa kalo mau bikin video untuk affiliate pake musik yang komersil
2. text/caption, meskipun sudah menggunakan suara ada baiknya kita juga tambahkan teks pada video agar lebih menarik karna dapat menarik lebih banyak perhatian penonton lagi, untuk teksnya juga sesuaikan dengan apa yang ditampilkan yahh
3. video effect/stickers, manfaatin efek populer yang ada di TikTok untuk membuat video lebih menarik
4. live countdown stickers, jika kita mau live jangan sia-siakan efek yang satu ini sebagai teaser untuk kita live sebagai informasi buat penonton
5. hastag, jangan lupa memasukan hastag namun sesuaikan dengan produk yang ditampilkan agar audience dapat menemukan konten yang sedang mereka cari
6. product anchor, jangan lupa masukin produk juga di dalam video untuk mendapatkan sales tambahan
7. call to action, sebutin promosi spesial yang sedang berlangsung dengan mengikuti trend yang ada, bisa dengan menghimbau audience untuk follow atau ikut nonton live kita
 
untuk praktek terbaiknya agar TikTok kita lebih besar lagi audience-nya, usahakan konsisten dengan upload video secara rutin 1x sehari..
jangan lupa untuk menjadwalkan konten, pastikan juga ada progress yang lebih baik..
ide konten yang di upload bisa tentang kita, informasi produk, saran/tips hingga hiburan..
 
 
 
selanjutnya materi workshop beralih ke ka Ravemma Ravika, disini ka Vika menjelaskan lebih detail tentang materi live streaming..
dalam live streaming itu ada 3 hal yaitu preparation, during live stream dan after live..
selanjutnya terdapat komponen utama dalam live streaming seperti pembukaan, perkenalan produk/audience benefit, interaksi dengan penonton, ajakan membeli produk dan penutup..
biar live streaming kita ga ngebosenin kita bisa membrikan informasi dasar produk, mengadakan sesi tanya jawab, call to action hingga gimmick..
pastikan dalam live streaming untuk seimbangkan soft selling dan hard selling..
sebelum penutupan live adakan sesi tanya jawab lalu call to action mengarahkan pembeli untuk membeli produk, ucapkan terima kasih, jangan lupa ingatkan untuk bayar dan follow TikTok kita serta berikan info lagi kapan kita akan live berikutnya, disini kita bisa gunakan teaser live..
 
asli sih materi workshop kali ini bener-bener bermanfaat banget buat aku yang masih pemula dalam dunia live streaming..
 
 
 
disini ka Vika dan ka Nadhif juga mempraktekan live streaming, apa saja yang baiknya dilakukan saat live hingga membangun interaksi satu sama lain saat live jika kita sedang tidak live sendirian..
kelar nontonin praktek para Elshe Squad yang hadir juga langsung nih untuk praktek live streaming secara langsung di studio TikTok hehe.
jadi untuk satu kelompok aku ada 7 orang dibagi untuk 3 sesi gitu, 1 sesinya sekitar 15-20 menit live streaming..
 
 
 
disini aku live streaming-nya bertigaan, ternyata seru banget meskipun cuma sebentar..
tapi lumayan cape juga tenggorokan karna agak seret gimana gitu harus ngomong terus wkwk
bener-bener pengalaman yang seru banget sih workshop 2 hari ini, setelah live streaming workshop pun selesai..
para Elshe Squad yang hadir dikasih tugas untuk bikin video dan live streaming sendiri nih dirumah wkwk
tapi sebelum pulang ada sesi pembagian hadiah untuk para Elshe Squad yang aktif selama workshop kali ini..
karna aku anaknya juga lumayan ambis jadi aku usahakan juga buat aktif dari hari pertama kemarin, ga sia-sia karna aku jadi salah satu pemenangnya HEHEHE
 
 
 
disini aku dikasih pouch ELSHESKIN dan 2 produknya yaitu cleanser & moisturizer yang isinya serba pinky gemoy bangetttt..
 
 
 
ga lupa buat foto bareng sama temen Elshe Squad lain yang menang juga dengan team ELSHESKIN hehehe
 
 
 
terus ada sambutan penutup secara singkat juga dari pihak ELSHESKIN, pokonya terima kasih banyak ELSHESKIN dan TikTok..
aku dapet banyak banget pelajaran baru di workshop kali ini, selain itu aku juga punya kenalan baru yang banyakkkkk!
 
 
 
jujur seneng bangettt karna bisa kenal banyak temen baru hehehe
dan seperti hari pertama, sebelum pulang kita foto dulu buat kenang-kenangan..
 
 
 
aku juga dapet kenalan baru yang rumahnya ga jauh dari rumah aku, terus kitapun bareng selama 2 hari workshop ini hehe
 
 
 
jadi itu dia keseruan aku 2 hari ngikutin workshop bareng ELSHESKIn dan TikTok Shop, bener-bener seru bangetttt!!
pokonya terima kasih banyak ELSHESKIN & TikTok for the opportunity!
semoga ketemu lagi di workshop-workshop selanjutnya yaa!
 
 
see you at my next post!
 
 
 
Tysa^^
 

 #Elsheskin #ElsheSquad
#TikTok #TikTokShop #TikTokCreator #TikTokAffiliate

September 11, 2023

Tokopedia Affiliate Gembira, Brands & Creators Day 2023

hola my bestie! what's up?
wah ga kerasa yah 2023 udah masuk ke bulan September aja, waktu rasanya berlalu cepet bangettt..
jadi sebagai permulaan di bulan September ini aku mau share keseruan aku ikut event "Tokopedia Affiliate Gembira - Brands & Creators Day" akhir agustus kemarin..
 
 
 
ini tuh perdana banget aku ikutan event dari Tokopedia, jadi aku bisa ikutan acara ini karna aku bagian dari Tokopedia Affiliate dan Akademi Tokopedia (AKT) Beauty Squad Batch 2..
seneng banget sih bisa jadi bagian dari AKT Beauty Squad, acara ini tuh diadakan seperti gathering antar Tokopedia Affiliate gitu yang isinya dari berbagai macam kategori Akademi Tokopedia lainnya..
jadi ga cuma AKT Beauty aja yang hadir, karna ada juga AKT Mom & Baby, AKT Home & Living, AKT Gadget, AKT Food dan AKT lainnya..
 
 
 
cuma nih untuk tema Tokopedia Affiliate Gembira kali ini tuh tentang beauty gitu, makanya pembicaranya pun ada beauty content creator juga dan salah satu beauty brand sponsor yang ada di Tokopedia Affiliate Gembira 2023..
 
 
 
acara ini diadain Sabtu 26 Agustus 2023 kemarin di Tokopedia Tower Kuningan Jakarta Selatan..
 
 
 
aku sampe Tokopedia Tower sekitar jam 10 kurang dan langsung tuker ID card untuk masuk ke dalam kantor Tokopedia-nya tempat acara berlangsung di lantai 52 & 53 terus semua affiliate yang hadir dikasih lanyard Tokopedia Affiliate dan pedoman acara Tokopedia Affliate Gembira kali ini..
 
 
 
sebelum naik keatas ga lupa buat ootd dulu biar afdol HEHE
 
 
 
sekitar jam 10an acara pun dimulai, dibuka sama kaka host Tokopedia Affiliate Gembira 2023 dan langsung ke sesi talk show pertama bareng beauty creator, team affiliate Tokopedia dan media manager dari Realfood..
 
 
 
 
 
sesi talkshow ini super insightful banget, karna banyak point penting yang disampaikan mengenai kreator pemula, menjadi Tokopedia Affiliate serta berbagai informasi menarik lainnya..
 
 
 
untuk sesi talkshow pertama ini berlangsung sampe kira-kira jam 12 siang dan lanjut break makan siang terus ada sesi berburu produk gratis di berbagai booth yang hadir pada acara Tokopedia Affiliate Gembira 2023 kali ini ..
jadi di acara ini itu ada beberapa brand yang open booth untuk meramaikan Tokopedia Affiliate Gembira 2023, kita bisa seru-seruan dan ikutin misi di booth masing-masing brand buat dapetin produk gratis yang nantinya bisa kita promoin deh pake link affiliate kita HEHEHE
karna produk-produknya itu katanya terbatas, jadi aku tunda dulu makan siangnya dan langsung muter buat berburu produk HEHEHE
beberapa brand yang ikut hadir meramaikan Tokopedia Affiliate Gembira 2023 ini yaitu Realfood, Jacquelle, Saff & Co, Sambal Bu Djui, Kanzler, Tokopedia Now, Somethinc dan Walls..



booth pertama yang aku datengin yaitu Realfood, disini aku cobain salah satu produk minumannya gitu rasa coklat..
seinget aku minuman diet gitu sih, aku agak lupa WKWK
 
 
 

 terus aku juga sekalian daftar untuk jadi bagian dari Realfoodfam dan pastinya dapet produk..
 

booth kedua yang aku datengin itu Jacquelle, ada berbagai produknya yang bisa dicobain..
 
 


produk yang aku dapetin dari Jacquelle itu semacam brow pencil gitu tapi multifungsi, terus aku main game juga buat dapetin free produk tambahan..
 
 
 
 
 
lanjut aku mampir ke booth Sambal Bu Djui dan Kanzler, selesai ikutin misinya aku langsung cobain produknya karna disini ada free sample-nya juga..



maaf banget aku nambah 2x, maaf banget buat temen-temen Tokopedia Affiliate yang ga kedapetan..
ya gimana yak, abisan enak HEHE



dari Kanzler aku dapet nugget terbarunya yang kemarenan viral banget dan dari Sambal Bu Djui aku dapet sambal kecombrang terus basreng kecombrang juga..
 
 
 

demi berburu produk gratisnya selanjutnya abis itu aku langsung skuy ke booth Saff & Co..


kalo udah ikutan misinya bisa dapet perfume gratis yang travel size HIHI
sebenernya aku mau ikutan games-nya juga, cuma antriannya ruame bangetttt jadi aku ga sanggup berlama-lama di booth Saff & Co demi kebagian produk lain wkwk
 
 
 
dari booth Saff & Co aku langsung melipir ke booth-nya Somethinc, disini juga ga kalah ramenya..



ga lupa aku ikutan misi-nya buat dapet produk dan games juga, selain itu aku juga drop empties yang udah aku siapin dari rumah buat dapetin merch Somethinc..
 
 
 
terus aku mampir ke Tokopedia Now, setelah ikutan misinya dapet totebag yang isinya buanyak bangettt!


isinya sembako karna apaan aja ada dong wkwkwk
mulai dari roti, biskuit, minuman kaleng, pasta gigi, sikat gigi, micellar water, face wash, linen spray, terus masih banyak lagi pokonya WKWK
di booth Tokopedia Now juga ada games, cuma aku ga ikutan karna ngantri panjang jadi mager tsay..
 
 
 
udah lumayan cape muter-muter aku sempetin buat makan siang dulu dan setelah kelar makan siang aku lanjut ke booth Walls buat dapetin ice cream Magnum Gratis HEHEHE
 
 
 
jadi pas gitu kan ceritanya abis makan ada dessert-nya WKWK
 
alhamdulillah aku kebagian produk gratis dari semua booth berkat muter-muter dan menunda makan siang WKWKWK
soalnya ternyata banyak juga Tokopedia Affiliate lain yang ga kebagian..
 
 
 
setelah muter-muter ke berbagai booth dan makan siang, aku sempetin ikutan photo booth dulu buat kenang-kenangan HEHE

 
 
 
kelar dari photo booth aku balik lagi ke ruangan tempat talkshow sebelumnya karna bakalan ada talkshow lagi bareng Beauty Content Creator kak Jovi Adhiguna..
talkshow bareng ka Jovi super seru banget! ka Jovi cerita banyak tentang perjuangan dia dari awal ngonten sampe kaya sekarang..
 
 
 
pesen dari ka Jovi yang aku masih inget itu pokonya kita harus stay humble, kalo udah jadi orang nanti jangan sombong! tetep down to earth, know where we were at the first time..
ini bakal aku inget banget sih, makaci banyak ka Jovi buat talkshow inspiratifnya..
 
 
 
acara pun selesai, nah sebelum pulang untuk para Tokopedia Affiliate yang hadir diwajibkan untuk update video keseruan Tokopedia Affiliate Gembira di Tokopedia feed buat dapetin merch tambahan dari Tokopedia..
aku ngedit ala kadarnya banget kemaren demi dapetin merch-nya Tokopedia Affiliate, asli sih lucu PARAH merch-nya! HEHEHE
 
 
 
seneng banget pokonya kemaren bisa ikutan Tokopedia Affiliate Gembira 2023, semoga next time aku bisa ikutan lagi!
dapet banyak insight menarik di talkshow-nya, bisa cobain berbagai produk di booth dan pastinya dapetin produk gratisan juga HEHEHE
 
 
 
makaci banyak buat Tokopedia, seneng banget bisa jadi bagian dari Akademi Tokopedia Beauty dan Tokopedia Affiliate..
 

 
by the way makaci banyak juga buat yang udah baca, jadi itu dia keseruan aku ikutan acara Tokopedia Affiliate Gembira 2023 kemarin..
 
 
 
jangan lupa buat ikutan jadi Tokopedia Affiliate juga, sapa tau kalian bisa jadi sultan lewat komisinya wkwk
doain aku biar jadi sultan lewat Tokopedia Affiliate ya HEHE *AMIUNNN
 
 
see you at my next post!
 
 
 
Tysa^^
 
 
#Tokopedia #TokopediaAffiliate #TokopediaAffiliateGembira